Cilegon – Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina yang juga Ketua Asosiasi Psikolog Pendidikan (APSI) Wilayah Banten, Tia Rahmania bagikan cara atasai hal negatif imbas kuliah daring (Online) akibat Covid-19.
Berdasarkan data pemerintah hingga Rabu (13/5/2020) pukul 12.00 WIB, total ada 15.438 kasus Covid-19 di Indonesia, sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.
Untuk mengurangi emosi negatif imbas kuliah daring (Online) karena Pandemi Covid-19, Tia Rahmania kepada BarometerNews berbagi tips untuk para Mahasiswa dan Dosen, Kamis (14/5/2020).
Bagi Mahasiswa
1. Memulai awal hari dengan kegiatan positif seperti berolahraga, berjemur, sarapan, dan mandi. Dengan tujuan agar lebih semangat menjalani hari.
2. Membuat “list to do” kegiatan harian. Daftar ini bertujuan agar lebih jelas dan teratur dalam mengerjakan kegiatan di satu hari penuh dan jangan menunda nunda mengerjakan kegiatan/tugas.
3. Kerjakan tugas secara langsung tanpa ditunda.
4. Berinteraksilah, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan teman. Berkomunikasi dengan teman melalui telpon/video call membuat kita menjadi lebih semangat mengerjakan tugas karena lebih mudah memahami penjelasan ketika mendengar suara teman secara langsung walaupun dibantu oleh media media telepon/video call
5. Menyelingi aktivitas di depan laptop dengan menengok ke luar jendela, berjalan di halaman
6. Bersyukur
Bagi Dosen
1. Pahami Keterbatasan ; Dosen perlu memahami kondisi yang dihadapi mahasiswa saat merancang tugas, termasuk perangkat untuk menunjang pembelajaran daring yang dimiliki mahasiswa.
2. Metode Variatif ; Pilih metode pengajaran yang variatif agar mahasiswa tidak bosan dan lebih aktif dalam proses perkuliahan berlangsung, misalnya sesekali menggunakan kuliah dalam aplikasi whatsapp group atau Zoom dan di waktu lain mendorong mahasiswa mengikuti seminar gratis online dengan topik yang sesuai.
3. Deadline yang Realistis ; untuk mencapai sasaran belajar yang tepat, upayakan pemberian tugas diberikan tenggat waktu yang realistis, sesuai dengan kesulitan tugasnya.
4. Komunikasi dengan Mahasiswa ; Jalin komunikasi dengan mahasiswa di awal pembelajaran dan pemberian tugas. Pastikan mahasiswa paham dan meminta masukan kepada mahasiswa terkait platform apa yang mudah dijangkau oleh mahasiswa sehingga, mahasiswa merasa dilibatkan dan termotivasi untuk menyelesaikan dengan baik.
7. Pilih tugas yang penting ; sebaiknya dosen memilih tugas yang penting saja bagi mahasiswa. Hal itu juga akan mengurangi beban bagi mahasiswa dan dosen yang mengoreksi.
8. Terus berinteraksi dengan kolega di tempat kerja
9. Bersyukur